Senin, 24 Oktober 2011

TAMAT AL-QUR’AN 1,800 KALI


Bismillahirrahmanirrahim.
                Dalam sehari-hari kita sering menyepelekan hal-hal sifatnya kecil,  mungkin dihadapan kita itu tak berarti apa-apa, tapi dihadapan Allah SWT, itu merupakan sesuatu yang Agung.
                Tamat Al-Qur’an 1,800 kali dalam 1 tahun? Apa mungkin ? apakah mereka tidak bekerja, sehingga mereka mengahabiskan waktunya hanya untuk membaca Al-Qur’an?
Ya itulah sebagian pertanyaan yang dilontarkan saat berlangsungnya ceramah yang disampaikan oleh ustadz yusuf Mansur. Seakan topik  ini menjadi kontropersial.
                Rasulullah SAW pernah menanyakan berupa teka-teki kepada umatnya :
Siapakah diantara kamu yang dapat khatam Qur'an dalam jangka masa dua-tiga
menit ?
Tiada seorang dari sahabatnya yang menjawab.
Malah Saiyidina Ummar telah mengatakan bahawa ianya mustahil untuk mengatam Qur'an dalam begitu cepat. Kemudiannya Saiyyidina Ali mengangkat tangannya.
Saiyidina Ummar bersuara kepada Saiyidina Ali bahwa Saiyidina Ali (yang masih kecil pada waktu itu) tidak tahu apa yang dikatakannya itu. Lantas Saiyidina Ali membaca surah Al-Ikhlas tiga kali. Rasulullah SAW menjawab dengan mengatakan bahwa Saiyidina Ali betul.
Membaca surah Al-Ikhlas (yaitu ayat: Qulhuwallahu ahad. Allahussamad. Lam yalid
Walam yu-lad. Walam yakul lahu kufuwan ahad.) sebanyak 1X, imbalannya sama dengan membaca 10 jus kitab Al-Quran.
Lalu dengan membaca surah Al-Ikhlas sebanyak tiga kali tamat / Khatamlah
Qur'an karena sama dengan membaca 30 jus Al-Quran. Berkata Ibnu Abbas r.a. bahwa Rasulullah SAW telah bersabda : Ketika saya (Rasulullah SAW) israk ke langit, maka saya telah melihat Arasy di atas 360,000 sendi dan jarak jauh antara satu sendi ke satu sendi ialah 300,000 tahun perjalanan. Pada tiap-tiap sendi itu terdapat padang sahara sebanyak 12,000 dan luasnya setiap satu padang sahara itu seluas dari timur hingga ke barat. Pada setiap padang sahara itu terdapat 80,000 malaikat yang mana semuanya membaca surah Al-Ikhlas. Setelah mereka selesai membaca sura tersebut maka berkata mereka : Wahai Tuhan kami, sesungguhnya pahala dari bacaan kami ini kami berikan kepada orang yang membaca surah Al-Ikhlas baik dia lelaki maupun perempuan.
Subhanallah ya, coba saja kalau kita perhitungkan, kita amalkan membaca 3X surat Al-Ikhlas setelah selesai shalat fardu. Maka dalam sehari, kita dapat mengkhatamkan Al-Qur’an 5X, dalam sebulan kita bisa mengkhatamkan 150X, sehingga dalam 1 tahun, kita bisa mengkhatamkan 1800X khatam Al-Qur’an. Mudah bukan..
                Begitu besar keutamaan surah Al-Ikhlas ini, sehingga Allah SWT memberikan pahala begitu besar. Oleh karena itu janganlah kita meninggalkan hal-hal yang  telah Allah istimewakan.
Kalu begitu kita jangan baca Al-Qur’an, cukup kita membaca surat Al-Ikhlas. Karena keutamaannya sama dengan membaca Al-Qur’an 30 juz. Bukan berarti seperti itu, surat lainpun harus dibaca, karena Al-Qur’an merupakan petunjuk bagi kita orang yang beriman. Disini kita membahas keutamaan surat Al-Ikhlas yang begitu agung. Selain itu keutamaan lain dari surat ini adalah kita bisa mengusuir setan dan iblis yang ada didalam tubuh kita, sehingga hati kita bersih dari bisikan-bisikannya. Oleh karena itu mari kita amalkan setiap harisetlah kita melaksanakan shalat 5 waktu, kita lanjutkan dengan berdzikit kemudian kita baca  surat Al-Ikhlas 3X. Semoga apa yang kita lakukan dan apa yang kita kerjakan setiap hari, senantiasa selalu ada dalam keberkan dari Allah SWT. Wallahu’alam Bishowab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar